Safari Shubuh JKPI, Bakri Siddiq Santuni Yatim di Palembang

Palembang– Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq melakukan shalat subuh berjamaah bersama Wali Kota/delegasi dari 44 anggota Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) ke IX Palembang di Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin (SMB), Kamis (3/11/2022).

Safari subuh tersebut yang merupakan rangkaian dari kegiatan Rakornas JKPI tersebut juga salah satu program unggulan Wali Kota Palembang Harnojoyo.

Dalam kesempatan tersebut, Bakri Siddiq bersama Ketua Presidium JKPI yang juga Wali Kota Bogor Bima Arya berkesempatan menyerahkan secara simbolis santunan kepada puluhan anak yatim.

Wali Kota Palembang Harnojoyo dalam sambutannya menceritakan singkat kisah muasal berdirinya masjid tersebut, dan juga mengapresiasi program serupa yang kini sedang dijalankan oleh Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq.

“Masjid ini sangat bersejarah dan dibangun langsung oleh Sultan Mahmud Baruddin I, Joyo Wikromo pada tahun sejak 1738 dan selesai tahun 1748. Hingga saat ini tiga unsur ornamen memiliki artinya sendiri, untuk program Safar Subuh ini sudah lama kita jalankan dan sudah ada perkembangan, sama seperti yang dilakukan Pak Bakri Siddiq di Kota Banda Aceh lewat Sajadah Fajar,” kata Harno.

Sedangkan Ketua Presidium JKPI juga menjabat sebagai Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan, bahwa Rakernas ke XI ini sangat berbeda.

“Kami dan perserta rakernas ini diajak oleh Pak Wali (Harnojoyo) untuk solat subuh berjamaah. Ini merupakan kegiatan yang sangat baik sekali, pertama kalinya kita diajak langsung untuk berwisata religi yaitu solat subuh berjamaah. Sungguh hal ini sangat berbeda sekali diantara tempat sebelumnya,”ungkapnya. (AY)

 

Informasi Lainnya